- Sumber Daya Ekonomi
- Sumber Daya Alam
- Sumber Daya Kewirausahan
- Sumber Daya Modal
- Sumber Daya Temproral / sementara
- Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen
- Karena konsumen ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang
- Sumber daya kognitif produk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut barang waktu (time goods)
- Barang yang menggunakan waktu
- Barang Penghemat Waktu
- Sumber Daya Kognitif
PENGETAHUAN KONSUMEN
Pengetahuan Konsumen
adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk,
serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan
fungsinya sebagai konsumen. Dalam hal ini pengetahuan konsumen amat diperlukan.
Karena, hal ini dapat mempengarhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian.
Apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, dimana membeli dan kapan membeli
akan tergantung kepada pengetahuan. Pengetahuan Konsumen terbagi kedalam tiga
macam, yaitu Pengetahuan Produk, Pengetahuan Pembelian, Pengetahuan Pemakaian.
a.
Pengetahuan
Produk adalah kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk.
Pengetahuan ini meliputi kategori produk, merek terminologi produk atribut atau
fitur, harga produk dan kepercayaan mengenai produk. Jenis Pengetahuan Produk
:
ü
Pengetahuan
tentang karakteristik/atribut produk
Seorang Konsumen akan melihat
suatu produk berdasarkan kepada karakteristik atau ciri atau atribut dari
produk tersebut. Setiap konsumen mungkin memiliki kemampuan yang berbeda dalam
menyebutkan karakteristik atau atribut dari suatu produk. Hal ini
disebabkan perbedaan pengetahuan yang dimilikinya. Pengetahuan mengenai atribut
tersebut akan mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Pengetahuan yang
lebih banyak akan memudahkan konsumen dalam memilih produk yang akan dibelinya.
ü
Pengetahuan
Manfaat Produk
Seorang Konsumen mengkonsumsi
gula rendah kalori karena mengetahui manfaat produk tersebut bagi
kesehatan tubuhnya. Manfaat yang dirasakan konsumen. Setelah mengkonsumsi gula
rendah kalori yaitu dapat menghindari penyakit diabetes. Inilah yang disebut
sebagai pengetahuan tentang manfaat produk.
b. Pengetahuan
Pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam
toko dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Pengetahuan
Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk
berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut.
Hal ini akan memudahkan konsumen untuk berbelanja atau melakukan pembelian. Hal
ini akan memudahkan konsumen untuk berbelanja karena konsumen bisa menghemat
waktu dalam mencari lokasi produk.
Menurut Petter dan Olson (1999), perilaku membeli meliputi
store contact, product contact, dan Transaction.
ü
Store
contact meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
ü
Product
contact, konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tsb dan
membawanya ke kasir
ü
Transaction,
konsumen akan membayar produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu
debet atau alat pembayaran lainnya.
c.
Pengetahuan
Pemakaian yaitu suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika
produk tersebut telah digunakan/ dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa
memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yg tinggi, maka konsumen harus
bisa menggunakan/ mengkonsumsi produk tersebut dengan benar. Produsen
berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui
cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting
bagi konsumen.
Analisis :
Sumber daya konsumen sangat
memperngaruhi seorang konsumen dalam
memutuskan pembelian. Konsumen tentunya banyak mempertimbangkan ffaktor factor
sebelum melakukan pembelian, untuk itu dalam bagi seorang konsumen di
perlukannya sumber daya konsumen yang mencangkup 6 yaitu : Sumberdaya ekonomi, Sumberdaya
sementara, Sumberdaya kognitif, Kandungan pengetahuan, Oganisasi pengetahuan, Mengukur
pengetahuan.
Pengetahuan sangat di perlukan
bagi semua konsumen dlam melakukan proses pembelian, dalam memilih suatu produk
suka atau tidak suka nya seorang konsumen terhadap produk tersebut di dasari dengan semua pengetahuan yang
konsumen miliki terhadap produk tersebut.
SUMBER :
http://rizkiamaliafebriani.wordpress.com/2013/01/04/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan-terhadap-perilaku-konsumen/
http://syifa-rizkyka.blogspot.com/2012/11/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar